Selasa, 06 September 2011

[New post] Tentang Ekspansi Nama Domain .ID

Tentang Ekspansi Nama Domain .ID

Budi Rahardjo | 6 September 2011 pada 7:52 pm | Tag: DNS, IT, postaday2011, Teknologi Informasi | Categories: Opini, Teknologi Informasi, TI | URL: http://wp.me/p179-2jN

Saya membaca dari beberapa email tentang adanya rencana penambahan second level domain (SLD) "com.id". Ada berbagai alasan untuk melakukannya, tetapi menurut saya itu tidak akan membuat perubahan yang signifikan. Bahkan, ini akan menambahkan banyak masalah.

  1. Semua pemilik "co.id" akan terpaksa mendaftarkan "com.id" juga. Kalau mereka tidak melakukannya maka akan ada masalah jika domain tersebut digunakan oleh pihak lain.
  2. Apa bila ada nama-domain.co.id dan nama-domain.com.id yang berbeda institusi, maka akan timbul permasalahan. Ini merupakan kelanjutan dari (1).

Kemudian mengenai penghilangan SLD, bahwa orang bisa mendaftarkan .id secara langsung, menurut saya ini akan menimbulkan masalah juga.

  1. Hilang makna bahwa ".ID" adalah Indonesia. Sayang sekali. Menggadaikan negara? Ah, siapa yang peduli saat ini.
  2. Menghilangkan makna SLD.

Saya tidak tahu apa tujuannya. Apakah memang penambahan jumlah domain itu demikian pentingnya sehingga mengabaikan ketertiban? Apakah jika nama jalan di Indonesia bertambah artinya lebih baik? :) hi hi hi.

Adanya search engine, semantic web, maka sebetulnya nama jalan - nama domain - tidak terlalu mendominasi lagi. Yang penting adalah alamat tidak salah, bukan? Mungkin orang sudah lupa alasan atau prinsip nama domain, yaitu melakukan konversi nama dan nomor IP karena komputer bekerja dengan angka. Itu saja.

Komentari tulisan ini



Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar