Baru saja saya melihat video presentasi George Dyson di TEDtalks tentang lahirnya komputer. Silahkan dilihat. Sangat menarik, khususnya bagi saya yang memang menyukai sejarah terkait dengan komputer. Yang paling menarik bagi saya adalah George Dyson dapat menceritakan tentang sejarah kelahiran komputer karena adanya dokumentasi yang dibuat oleh para peneliti dan pengembangnya.

Hal yang lazim bagi peneliti ketika melakukan penelitian adalah membuat logbook. Semua dicatat dalam logbook. Bahkan keluh kesah, lawakan, corat coret, doodle, dan hal yang mungkin tidak terlihat terkait langsung dengan penelitian tersebut dicatat. Semua terdokumentasi. Hal ini memudahkan peneliti selanjutnya untuk meneruskan peneltian dan juga memudahkan untuk meminta perlindungan hak intelektual (seperti paten, misalnya).

Herannya, di Indonesia, banyak peneliti yang tidak mendokumentasikan penelitiannya. Semuanya dilakukan di kepala dan baru dituliskan ketika diminta untuk memberikan laporan penelitian kepada penyandang dana. Maka yang terjadi adalah dokumen instan. Itu pun kalau diminta. Kalau tidak diminta, maka tidak ada dokumentasi yang bisa digunakan oleh peneliti selanjutnya. Mungkin ini kultur orang Indonesia?

Sekarang dengan adanya kemajuan teknologi informasi semestinya lebih mudah untuk melakukan dokumentasi, bukan? Maka oleh sebab dari pada itu ... dokumentasikan semua kegiatan Anda.

URL terkait:
http://www.ted.com/talks/george_dyson_at_the_birth_of_the_computer.html