Ternyata komputer desktop saya masih lama lagi kembalinya. Masuk ke bengkel sudah lebih dari 1 bulan yang lalu. Awalnya masalah motherboard. Sekarang - katanya - masalahnya ada di prosesornya. Karena masih garansi harusnya saya dapat perbaikian gratis, tetapi sudah bolak balik nampaknya mereka masih belum berhasilmemecahkan masalah. Atau sesungguhnya mereka tidak punya stok untuk garansi? Entahlah. Yang pasti, saya terkatung-katung dan ini tidak menyenangkan.

Dalam menjalankan bisnis, kita harus jujur kepada klien. Klien umumnya bisa memahami masalah kita. Dalam kasus saya ini sebetulnya saya rela membeli prosesor baru (sambil minta diskon), meskipun seharusnya saya bisa mendapatkan prosesor itu gratis sebagai jaminan dari garansi. Sekarang terkatung-katung begini malah saya jadi kesel. Tadinya juga saya mau beli komputer lagi ke toko yang sama, tetapi sekarang saya jadi ragu dengan servis yang kurang baik ini. Mungkin kalau saya jadi beli komputer lagi, toko ini belum tentu menjadi pilihan saya. (Padahal kami sudah banyak beli dari toko ini lho.)

Untuk sementara ini (entah sementara sampai berapa lama), terpaksa saya menggunakan Mac mini yang sudah saya Linux-kan. Ini ada problem lagi karena tidak banyak orang yang menggunakan Linux di Mac mini. Akibatnya ada banyak aplikasi yang tidak didukung. Aplikasi paling gampang saja, web browser, saya hanya dapat menggunakan iceweasel (versi dari Firefox). Banyak situs web yang marah-marah kalau saya kunjungi dengan browser ini. Nah, apakah saya perlu compile sendiri Firefox terbaru dari source code-nya?

Sekarang saya sedang berusaha menjalankan java di komputer ini. Ternyata di situs Java.com tidak tersedia versi yang sudah siap. Untungnya nemu OpenJDK. Sekarang sedang mencoba pasang OpenJDK ini. Setelah itu mau pasang mysql.

Perjalanan ngoprek masih panjang ...